designbytowo

Apa itu Adobe Illustrator?

Adobe Illustrator merupakan aplikasi dari Adobe Yang berbasis Vector, artinya fungsi utama dari aplikasi ini adalah untuk mengolah gambar vector.

Lalu apa yang membedakan gambar vector dengan gambar biasa?

Gambar biasa yang disebut raster ataupun bitmap kualitasnya tergantung pada resolusi, jadi jika diperbesar (zoom) melebihi kapasitas resolusinya maka gambar tersebut akan pecah, sedangkan untuk vector kualitasnya tidak bergantung pada resolusinya, jadi diperbesar seperti apapun kualitasnya akan tetap terjaga.

Namun perlu diketahui untuk software buatan Adobe itu berbayar, dan jika ingin menggunakan versi trial biasanya hanya sampai 14 hari saja.

Download Adobe Illustrator Disini !

01. Berkenalan Dengan Adobe Illustrator Belajar Desain Bareng

Pengenalan Interface Adobe Illustrator

Selection Tool = Berfungsi untuk melakukan seleksi atau memilihi objek

Pen Tool = untuk membuat suatu objek

Rectangle Tool = untuk membuat bentuk-bentuk dasar seperti persegi, dll

Paintbrush Tool = untuk menggambar sebuat object menggunakan teknik brush

Type Tool = untuk membuat teks

Erase Tool = berfungsi sebagai penghapus

Rotate Tools = untuk memutar objek

Shape Builder Tool = menggabungkan beberapa objek menjadi satu

Gradient Tool = berfungsi untuk memberikan warna gradasi

Eyedropper Tool = berfungsi untuk salin atau menyamakan warna dengan objek yang kita inginkan, dan beberapa tools lainnya yang juga tak kalah penting dalam penggunaan Adobe Illustrator.

Baca Juga :

01. Berkenalan Dengan UI/UX Design yang wajib kamu ketahui

01. Berkenalan dengan Python, Mudah Dipahami Pemula

Step by Step Membuat Desain

Gunakan Color Guide Untuk Pemilihan warna

01. Berkenalan Dengan Adobe Illustrator Belajar Desain Bareng

Kamu bisa menggunakan Color Guide yang telah disediakan oleh Adobe illustrator, ini berfungsi sebagai Pallete color atau palet warna yang bisa memudahkan kita dalam pemilihan warna.

Mencari Referensi Desain

Sebelum memulai membuat sebuah desain, beberapa desainer biasanya mengumpulkan beberapa referensi terlebih dahulu sebagai bahan acuan guna memperindah konsep yang ingin dibuat. kamu bisa mencari referensi melalui beberapa situs seperti behance.net, dribbble.com atau Pinterest.

Membuat Sketsa Desain

Untuk membuat sketsa desain maka kita perlu untuk menentukan lebar sketsa terlebih dahulu, kemudian menentukan titik tengah dan garis, lalu membentuk coreta-coretan yang ingin kita gambar.

Melakukan Tracing

Setelah membuat sketsa, tahap selanjutnya adalah melakukan tracing terhadap sketsa yang telah kita buat untuk melakukan tracing biasanya menggunakan Pen Tool (P) dengan mengikuti garis-garis sketsa yang telah dibuat.

Coloring

Jika sudah melakukan Tracing pada desain yang hendak dibuat, maka tahapan selanjutnya adalah melakukan pewarnaan atau coloring pada desain dengan menggunakan warna dasart terlebih dahulu, lalu setelah setelah membuat pewarnaan dengan warna dasar maka dilanjutkan dengan tahap shading dan agar lebih kompleks maka berilah gradasi, shade dan juga highlight.

Detailing

Langkah terakhir yaitu menambahkan detailing guna memperdalam keindahan ilustrasi. seperti menambahkan suasana malam, pagi atau suasana iklim dingin dan panas.

%d blogger menyukai ini: