designbytowo

Membuat material dan Meng-import Texture, seperti software 3D pada umumnya, Unity juga menyediakan fitur untuk membuat material yang standar berubah warna. Untuk material yang kompleks seperti tekstur pohon, kulit, dll Unity menyediakan fitur import dari software lain.

Sebelumnya pada artikel 01. Pelajari Dasar Unity, Software Pembuat Game 3D Mudah sudah dibahas terkait pengenalan Unity

Create Material

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Klik Asset – Create – Material

Secara default pada jendela Project akan terbentuk material baru dengan nama New Material, silahkan ubah dengan nama cubeMaterial contohnya seperti gambar dibawah ini:

02. Membuat Material, Import dan Partikel di Unity Belajar Desain Bareng

Ubah menjadi seperti gambar dibawah ini:

02. Membuat Material, Import dan Partikel di Unity Belajar Desain Bareng

Klik cubeMaterial, perhatikan jendela inspector, disana terdapat properties warna yang bisa kita edit. Ubah menjadi warna merah misalnya, seperti gambar dibawah.

02. Membuat Material, Import dan Partikel di Unity Belajar Desain Bareng

Kemudian drag cubeMaterial dari jendela project ke cube di jendela hierarchy, sekarang warna cube akan menjadi merah sesuai dengan material yang di drag.

Setelah kita dapat membuat material dengan Unity, sekarang saatnya membuat material dari software lain. Langkahnya cukup mudah seperti dibawah ini:

  • Buka Adobe Photoshop (atau download disini)
  • Buat file 500×500 px
  • Buatlah material seperti dibawah ini, atau kamu juga bisa mencari di stock foto online.
02. Membuat Material, Import dan Partikel di Unity Belajar Desain Bareng
  • Simpan ke folder Assets, sehingga nanti akan muncul di jendela Inspector
  • Drag material dari jendela project ke cube di jendela hierarchy, maka perubahannya akan terlihat seperti gambar dibawah ini.
02. Membuat Material, Import dan Partikel di Unity Belajar Desain Bareng

Import Sounds (Audio Component)

Yang namanya sebuah game tentu akan sangat membutuhkan banyak suara/audio. Pada unity disebut audio component. Yang secara umum biasanya dibagi menjadi dua, yaitu;

  • Audio Listener, komponen yang dimasukkan ke dalam kamera/player agar ketika game dimainkan, player mampu menangkap suara yang ada pada game objek tersebut.
  • Audio Source, suara yang dimasukkan ke dalam game objek sehingga suara berada pada game object.

Adapun cara untuk memberikan suara (Audio Listener) adalah sebagai berikut ;

  • Klik main camera
  • Klik Component – Audio – Audio Listener (Lihat gambar dibawah ini)
02. Membuat Material, Import dan Partikel di Unity Belajar Desain Bareng
  • Perhatikan jendela inspector dan lihat perubahan yang terjadi.

*Catatan : Secara default Audio Listener sudah terdapat pada Main Camera pada saat membuat project baru dan scene baru pada Unity. Langkah diatas untuk tambahan pengetahuan agar mengetahui proses dalam pembuatan Audio Listener saja.

Setelah memahami cara pembuatan Audio Listener, maka selanjutnya adalah cara memberikan suara (Audio Source) pada game object

Langkahnya adalah sebagai berikut ;

  • Siapkan sumber sound yang akan di import (bisa pakai yang gratisan di internet)
  • Copy folder Assets pada project, pada folder Assets ini sebaiknya membuat folder baru dengan nama Suara, supaya file pada Assets tersusun dengan rapi/tertata
  • Kembali ke Project di Unity, Lihat pada jendela project maka kamu akan mendapatkan tampilan seperti gambar dibawah ini, yaitu folder suara dan suara laser01 muncul di jendela Project
02. Membuat Material, Import dan Partikel di Unity Belajar Desain Bareng
  • drag laser01 pada jendela Project ke Cube di jendela Hierarchy
02. Membuat Material, Import dan Partikel di Unity Belajar Desain Bareng
  • Perhatikan perubahan tampilan jendela Inspector dan jendela scene pada cube, sekarang cube memiliki properties Audio Source, ada parameter yang bisa di adjust oleh kamu, silahkan dicoba!
02. Membuat Material, Import dan Partikel di Unity Belajar Desain Bareng
  • Centang loop pada jendela Inspector di bagian Audio Source, agar suara dijalankan secara berulang-ulang .
  • Untuk mencoba bahwa cube sudah memiliki suara, silahkan klik saja tombil play lalu perhatikan apa yang terjadi.

Membuat Partikel

Partikel biasanya dipakai untuk membuat efek ledakan peluru pada game menembak/perang, semburan asap knalpot pada game balap, atau efek pukulan pada game pertarungan. Pada prakteknya, banyak penggunaan efek partikel ini. Sebagai standar game engine, dan tentunya Unity menyediakan fitur ini, caranya adalah ikut langkah seperti dibawah ini.

  • Klik Game Object – Create Other – Particle System
02. Membuat Material, Import dan Partikel di Unity Belajar Desain Bareng
  • Perhatikan apa yang terjadi pada scene view, lihat gambar dibawah ini.
02. Membuat Material, Import dan Partikel di Unity Belajar Desain Bareng
  • Arahkan mouse kamu ke jendela inspector, disini kita akan mengatur parameter dan partikel sesuai dengan tipe yang kita butuhkan.
  • Pada contoh ini kita akan membuat partikel ledakan api, Perhatikan gambar dibawah ini untuk parameter apa saja yang akan diubah nilainya.
02. Membuat Material, Import dan Partikel di Unity Belajar Desain Bareng
  • Maka partikel tadi akan berubah menjadi seperti gambar dibawah ini pada jendela scene.
02. Membuat Material, Import dan Partikel di Unity Belajar Desain Bareng

Jadi itu adalah pembahasan kedua terkait Unity pada artikel kali ini.

%d blogger menyukai ini: