designbytowo

Pada artikel sebelumnya sudah dibahas tentang 02. Membuat Material, Import dan Partikel di Unity, maka pada artikel kali ini akan dibahas lanjutan dari artikel sebelumnya.

Apa itu Prefab?

Prefab adalah salah satu Assets yang dapat digunakan berkali-kali. Prefab terletak pada Project view dan dapat dimasukkan ke dalam scene view dengan cara di drag. Selain itu, prefab pun dapat dikaitkan/ di link dengan game object lainnya.

Contoh aplikasinya, misalnya untuk membuat sebuah peluru yang ditembakkan pistol, kita hanya perlu sekali saja membuat game object berupa peluru, lalu peluru tersebut dijadikan prefab, kemudian prefab peluru diletakkan pada ujung pistol, lalu nanti jika pistol di tekan, maka prefab peluru dapat ditembakkan berkali-kali. Proses ini disebut instatiate. untuk lebih detail pembuatannya silahkan simak cara dibawah ini.

Jika ingin belajar lebih lanjut tentang unity kamu bisa daftar gratis dengan klik tombol dibawah ini!

Langkah membuat Prefab :

  • Klik Asset – Create – Prefab
03. Mudah Memahami Prefabs, Animasi, Lighting dan Physics di Unity Belajar Desain Bareng
  • Secara default, Unity akan memberikan nama New Prefab, kamu bisa menggantinya dengan nama lain pada jendela Inspector. Penamaan ini guna mempermudah saat prefab di load oleh script
03. Mudah Memahami Prefabs, Animasi, Lighting dan Physics di Unity Belajar Desain Bareng
  • Buat cube pada jendela Hierarchy, lalu drag cube ke dalam new prefab. new prefab ini, cobalah menggantinya dengan nama Prefabcube
03. Mudah Memahami Prefabs, Animasi, Lighting dan Physics di Unity Belajar Desain Bareng

*Catatan : Penamaan Prefabcube disini merupakan hanya sekedar contoh, namun kamu dapat menggantinya dengan nama lain sesuai keinginan

  • Setelah cube di drag ke Prefabcube, maka kamu tidak memerlukan cube lagi, oleh karena itu silahkan hapus cube yang ada di jendela scene dengan cara klik lalu tekan delete pada keyboard
  • Sekarang kamu memiliki Prefabcube yang bisa di drag sebanyak-banyaknya ke dalma jendela scene tanpa harus membuat kembali cube satu persatu.

Pembuatan Animasi

Dalam Unity animasi dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu:

  • Dengan cara melalui perubahan keyframe (position, rotation, scale) tanpa scripting
  • Dengan Scripting

pada bagian ini akan dijelaskan animasi tanpa scripting, dan cara pembuatannya adalah seperti dibawah ini

*Catatan : dalam contoh ini animasi yang akan dibuat menggunakan game object cube

  • Klik Create – Game Object – Cube
  • Klik Windows – Animation
03. Mudah Memahami Prefabs, Animasi, Lighting dan Physics di Unity Belajar Desain Bareng
  • Klik record button, simpan dengan nama New Animation
  • Klik add key untuk mengunci Frame
03. Mudah Memahami Prefabs, Animasi, Lighting dan Physics di Unity Belajar Desain Bareng
  • Geser cube pada sumbu x, y atau z
03. Mudah Memahami Prefabs, Animasi, Lighting dan Physics di Unity Belajar Desain Bareng
  • Ingat, yang digeser merupakan garis berwarna merah. Setiap garis merah di geser ke kanan pada jendela animation, maka disaati yang sama apabila posisi cube di jendela scene view digeser, akan terbentuk keyframe baru.
  • Untuk melihat animasi yang sudah dibuat, coba tekan tombol Play pada jendela Animation.

Pembuatan Lighting

Lighting ataupun Pencahayaan merupakan salah satu komponen yang sangat mendukung terhadap skenario sebuah game agar terlihat lebih realistis dimata penggunaa game tersebut.

Unity menyediakan tiga jenis pencahayaan Yaitu:

  • Directional Light
  • Point Light
  • Spotlight

Guna memperjelas perbedaannya, perhatikan langkah-langkah dibawah ini

Langkah-langkah dalam pembuatan Directional Light :

  • Klik GameObjectCreate OtherCube
  • Klik GameObjectCreate OtherDirectional Light

Silahkan perhatikan gambar dibawah agar dapat lebih memahami

03. Mudah Memahami Prefabs, Animasi, Lighting dan Physics di Unity Belajar Desain Bareng
  • Gunakan Move the Selected Object untuk menggeser Directional ke sumbu +y (cobalah menggeser-geser saja sembarang posisi untuk sekarang ini)
  • Kemudian gunakan Rotate the selected Object untuk menggeser Directional Light pada sumbu X, Y atau Z. Lalu lihatlah perbedaan apa yang terjadi pada gambar
03. Mudah Memahami Prefabs, Animasi, Lighting dan Physics di Unity Belajar Desain Bareng
  • Jika kamu telah memahami cara dalam pembuatan Directional Light maka tentunya akan mudah untuk membuat Point Light dan Spotlight seperti gambar dibawah ini.
03. Mudah Memahami Prefabs, Animasi, Lighting dan Physics di Unity Belajar Desain Bareng
Point Light (kiri) dan Spotlight (kanan)

Menerapkan Physics pada Game Object

Physics pada Unity diantaranya dipakai untuk mengontrol gravitasi, gaya dan tumbukan (collision) pada suatu game object. Unity memiliki bawaan NVIDIA Physx Physics engine.

  • Rigidbody

Rigibody merupakan sub-menu physics yang salah satu fungsinya digunakan untuk mengontrol gravitasi pada game object.

  • Kinematic Rigidbodies

Untuk keperluan tertentu, kita dapat menon-aktifkan properties Use Gravity. Kita dapat menerapkan rigibody yang lain dengan cara men-checklist Is Kinematic. Kinematic Rigibodies tidak dipengaruhi oleh gaya, gravitasi dan tumbukan.

  • Collider

Collider merupakan komponen Physics yang dapat dipakai untuk mengontrol tumbukan antar game object. Secra default Unity menyertakan Collider ketika kita membuat Cube, Sphare, Capsule dan Plane. Namun, untuk obyek (game object) yang di import dari software modelling lain, maka kita perlu menambahkan Collider terhadap objek tersebut.

%d blogger menyukai ini: